Kamis, 01 September 2011

unikaja.tk: JEMBATAN SURAMADU

unikaja.tk
situs referensi fakta terunik menarik teraneh terlucu
JEMBATAN SURAMADU
Sep 2nd 2011, 00:35

SRM 1Jembatan Nasional "Suramadu" (Surabaya Madura) adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari 3 bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).

-

Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah Rp. 4,5 triliun.

-

Pembuatan jembatan ini dilakukan dari 3 sisi, baik sisi Bangkalan maupun sisi Surabaya. Sementara itu, secara bersamaan juga dilakukan pembangunan bentang tengah yang terdiri dari main bridge dan approach bridge.

-

Konstruksi

-

Jembatan Suramadu pada dasarnya merupakan gabungan dari 3 jenis jembatan dengan panjang keseluruhan sepanjang 5.438 meter dengan lebar kurang lebih 30 meter. Jembatan ini menyediakan 4 lajur 2 arah selebar 3,5 meter dengan 2 lajur darurat selebar 2,75 meter. Jembatan ini juga menyediakan lajur khusus bagi pengendara sepeda motor disetiap sisi luar jembatan.

-

Jalan layang

-

Jalan layang atau Causeway dibangun untuk menghubungkan konstruksi jembatan dengan jalan darat melalui perairan dangkal di kedua sisi. Jalan layang ini terdiri dari 36 bentang sepanjang 1.458 meter pada sisi Surabaya dan 45 bentang sepanjang 1.818 meter pada sisi Madura.

SRM 2

SRM 3

-

Jalan layang ini menggunakan konstruksi penyangga PCI dengan panjang 40 meter tiap bentang yang disangga pondasi pipa baja berdiameter 60 cm.

Jembatan penghubung

Jembatan penghubung atau approach bridge menghubungkan jembatan utama dengan jalan layang. Jembatan terdiri dari 2 bagian dengan panjang masing-masing 672 meter.

-

SRM 4

SRM 5

Jembatan ini menggunakan konstruksi penyangga beton kotak sepanjang 80 meter tiap bentang dengan 7 bentang tiap sisi yang ditopang pondasi penopang berdiameter 180 cm.

Jembatan utama

Jembatan utama atau main bridge terdiri dari 3 bagian yaitu 2 bentang samping sepanjang 192 meter dan 1 bentang utama sepanjang 434 meter.

SRM 6

SRM 7

Jembatan utama menggunakan konstruksi cable stayed yang ditopang oleh menara kembar setinggi 140 meter. Lantai jembatan menggunakan konstruksi komposit setebal 2,4 meter.

Untuk mengakomodasi pelayaran kapal laut yang melintasi Selat Madura, jembatan ini memberikan ruang bebas setinggi 35 meter dari permukaan laut. (Sumber : Wikipedia).

SRM 8

SRM 9

SRM 10

SRM 11

SRM 12

SRM 13

SRM 14

SRM 15

SRM 16-

SRM 17

SRM 18

SRM 19

Artikel yang berhubungan dengan JEMBATAN SURAMADU

  • 10 Jembatan Terpanjang di Dunia

    10 Jembatan Terpanjang di Dunia

    10. Seven-mile bridge, Panjang 10.887 M menghubungkan antara Teluk Meksiko dengan daratan di Florida Amerika Serikat 9. San Mateo - Bridge Hayoard, Panjang 11.265 M, ...

  • Jembatan tertua di dunia ditemukan di India

    Jembatan tertua di dunia ditemukan di India

    Pesawat ulang-alik NASA telah berhasil menemukan sebuah jembatan purba yang menghubungkan India dan Sri Lanka. Jembatan itu diperkirakan telah berumur 1.750.000 tahun dan sekaligus meneguhkan ...

  • Jembatan tertua di dunia ditemukan di India – mengkonfirmasi kitab Ramayana

    Jembatan tertua di dunia ditemukan di India – mengkonfirmasi kitab Ramayana

    Pesawat ulang-alik NASA telah berhasil menemukan sebuah jembatan purba yang menghubungkan India dan Sri Lanka. Jembatan itu diperkirakan telah berumur 1.750.000 tahun dan sekaligus meneguhkan ...

  • Menara Pisa

    Menara Pisa

    Menara miring Pisa (dalam Bahasa Italia: Torre pendente di Pisa) atau yang biasa disebut The Tower of Pisa (La Torre di Pisa) adalah sebuah menara ...

  • Menara Miring Pisa

    Menara Miring Pisa

    Label: Pengetahuan Tower Of Pisa (Torre pendente ) atau lebih di kenal di Indonesia dengan sebutan Menara Pisa. Bangunan ini merupakan Landmark kota Pisa, Italia. ...

  • Misteri Mothman – Manusia ngengat dari Point Pleasant

    Misteri Mothman – Manusia ngengat dari Point Pleasant

    Sudah banyak Blog misteri atau Situs misteri yang membahas tentang Mothman. Di dalam Kumpulan Misteri dunia yang tidak terpecahkan, Mothman termasuk yang paling banyak dibahas. ...

  • 100 arti mimpi

    100 arti mimpi

    Mimpi diberi anak : Akan mendapat harta.Mimpi berkelahi dengan seseorang tapi kalah : Akan mendapat malu.Mimpi berjualan di pasar : Pertanda jelek, karena kita akan ...

  • Mukjizat Nabi Musa

    Mukjizat Nabi Musa

    Masih ingatkah teman-teman dengan kisah mukjizat Nabi Musa yang membelah laut merah dengan tongkatnya? Jika salah satu diantara teman-teman yang menganggap kisah tersebut hanya merupakan ...

  • Pembangunan Menara Eiffel Prancis

    Pembangunan Menara Eiffel Prancis

    Label: Sejarah Menara Eiffel sebetulnya dibangun sebagai gerbang l'Exposition Universelle 1889, sebuah World's Fair yang bertepatan dengan 100 tahun Revolusi Perancis. Meskipun kecaman dan protes ...

  • Telapak Kaki Manusia Berusia 40000 Tahun Dapat Menuliskan Sejarah Baru

    Telapak Kaki Manusia Berusia 40000 Tahun Dapat Menuliskan Sejarah Baru

    KAKI TUA DI DUNIA BARU: 40,000-tahun telapak kaki manusia di Mexico terbuat dari debu vulkanik dapat menggoyahkan teori yang sudah lama berdiri tentang migrasi manusia ...

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

Tidak ada komentar:

Posting Komentar